Thursday, September 20, 2012

مناقشة الدكتوراه / Ph.D Viva

Fithriah Wardi Raih Gelar Doktor Fiqh Muqaran dari Universitas Al-AzharPDFCetakE-mail
Laporan wartawan ATDIKCAIRO.org   
Sabtu, 29 September 2012, 16:14 CLT



Atdikcairo.org-Tidak gampang untuk menyelesaikan program Pascasarjana di Universitas Al-Azhar, terlebih untuk mahasiswi Indonesia. Hari ini, Sabtu (29/9), Fithriah Wardi berhasil membuktikan kembali bahwa dengan kesungguhan, meraih gelar Doktor dari Universitas Al-Azhar bagi mahasiswi bukan hal yang mustahil. 

Tepat pukul 13.30 Waktu Kairo, dewan penguji sidang Doktoral Fithriah Wardi mengumumkan secara resmi penganugerahan gelar Doktor Fiqh Muqaran dari Universitas Al-Azhar Putri kepada Fithriah Wardi.  Disertasi Fithriah sendiri terdiri dari 505 halaman dan berjudul:
الآراء الفقهية عند الإمام أحمد بن يحي المرتضى في أحكام الأسرة
 - دراسة فقهية مقارنة -
(Pandangan-Pandangan Fikih Imam Ahmad Ibn Yahya Al-Murtadha dalam Ahwal Syakhshiyyah: Kajian Fikih Perbandingan).

Dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Rusydi Syahatah, Dekan Fakultas Hukum Universitas Helwan dan Prof. Dr. Farag Anbar, dosen Fiqh Muqaran Fakultas Dirasat Islamiyyah Universitas Al-Azhar, setelah menguji disertasi tersebut selama 3,5 jam akhirnya memberikan nilai 
مرتبة الشرف الأوليى (Summa Cum Laude)
 Sidang disertasi Doktoral tersebut berlangsung di aula Markaz Shalih Abdullah Kamil (Pusat Kajian Ekonomi Islam milik Universitas Al-Azhar) yang terletak di kawasan kampus Universitas Al-Azhar, Al-Hay As-Sadis.

Dr. Fithriah Wardi menyelesaikan program S3-nya di bawah bimbingan Prof. Dr. Magda Mahmud Hazza’, Dosen sekaligus Ketua Jurusan Fiqh Muqaran Universitas Al-Azhar Putri dan Prof. Dr. Wathfa Muhammad Isa, dosen Fiqh Muqaran di kampus yang sama.

Saat ini Dr. Fithriah tinggal di negeri jiran, Malaysia, mendampingi suaminya, Dr. Kamaluddin Nurdin Marjuni yang menjabat sebagai lektor kepala dan ketua program Dakwah & Manajemen Islam di Univeristi Sains Islam Malaysia (USIM). Dr. Kamaluddin sendiri menyelesaikan S1-nya di Universitas Al-Azhar, sedang Program S2 dan S3-nya ditempuh di Jurusan Akidah dan Filsafat Kulliyah Darul Ulum Universitas Cairo. 


Undangan umum untuk kehadiran rakan-rakan semua yang sedang menuntut ilmu di Mesir, Promosi Ph.D (Wife @ Fithriah Wardi) ... Sabtu, 29/09/2012, al-Azhar University, Cairo-Egypt. Dan tak lupa mohon doanya. Syukran wa Jazakumullah Khair 




0 komentar:

Post a Comment